Pages

Monday, November 26, 2018

SEBARAN TERUMBU KARANG

Terumbu Karang Indonesia

Terumbu karang tersebar di laut dangkal di daerah tropis hingga subtropis yaitu di antara 32o Lintang Utara dan 32o Lintang Selatan mengelilingi bumi. Garis lintang tersebut merupakan batas maksimum di mana karang masih dapat tumbuh. Karang pembentuk terumbu hanya dapat tumbuh dengan baik pada daerah-daerah tertentu seperti pulau-pulau yang sedikit menga-lami proses sedimentasi atau di sebelah barat dari benua yang umumnya tidak terpengaruh oleh adanya arus dingin yang berasal dari kutub selatan. Sebaran karang di dunia dapat dilihat pada Gambar 4.

Tiga daerah besar terumbu karang yaitu Laut Karibia dan Samudera Hindia serta In-do-Pasifi k. Di Laut Karibia terumbu karang tumbuh di tenggara pantai Amerika sampai di sebelah barat laut pantai Amerika Sela-tan. Di daerah ini karang hanya tumbuh di bagian tertentu walaupun merupakan laut dangkal. Terumbu karang Laut Karibia han-ya terdiri dari 20 marga dengan 32 jenis. Jenis karang yang tumbuh di Laut Karibia sebagian besar berbeda dengan yang tum-buh di Samudera Hindia maupun Samudera Pasifik. 


Terbatasnya sebaran dan jumlah marga di Samudera Atlantik barat ini dise-babkan tingginya sedimentasi dari Sun-gai Orinoco dan Amazon di sepanjang pantai Amerika Selatan. Sedangkan di bagian utara tumbuh terbatas sampai di pantai Florida hal ini disebabkan rendah-nya suhu pada musim dingin yang tidak memungkinkan karang tumbuh dengan baik. Samudera Atlantik timur sepanjang pantai Afrika Barat sebaran karang san-gat terbatas oleh karena adanya arus dingin Guinea dan adanya upwelling.

Di Samudera Hindia sebaran karang me-liputi pantai timur Afrika, Laut Merah, Teluk Aden, Teluk Persia, Teluk Oman sampai di Samudera Hindia selatan atau garis lintang 26o; disini sebaran karang lebih banyak ditentukan oleh adanya upwelling. Terbatasnya sebaran karang Teluk Persia dan India Selatan lebih di-tentukan oleh adanya salinitas yang ek-strim yaitu 46o/oo untuk Teluk Persia dan 26o/oo untuk Samudera Hindia selatan.

Samudera Pasifi k meliputi Laut Cina Se-latan sampai pantai barat Australia Barat, Pantai Panama sampai pantai selatan Teluk California. Karang tumbuh dengan baik di daerah Indo-Pasifi k hingga men-capai kurang lebih 80 marga. Faktor alami yang menyebabkan karang dapat tumbuh dengan baik di Indo-Pasifi k barat. Sebagai contoh betapa kayanya jenis karang yang tumbuh di daerah Indo-Pasifi k dibanding-kan dengan Laut Karibia, adalah marga Acropora di Laut Karibia hanya terdiri dari 3 jenis sedangkan di Samudera Pasifik terdiri dari sekitar 80 jenis. Sedangkan marga Porites di Karibia mempunyai 3 jenis dan 20 jenis untuk laut Indo-Pasifik.


Sebaran karang tidak hanya terbatas secara horizontal akan tetapi juga terbatas secara vertikal dengan faktor kedalaman. Pertum-buhan, penutupan dan kecepatan tumbuh karang berkurang secara eksponensial den-gan kedalaman. Faktor utama yang mem-pengaruhi sebaran vertikal adalah intensitas cahaya, oksigen, suhu dan kecerahan air.

0 komentar:

Post a Comment